Search This Blog

Wednesday, 4 March 2015

Overcharging Dinamo Ampere

Overcharging Dinamo Ampere

Overcharging pada dinamo ampere atau dinamo cas mobil adalah suatu kondisi dimana dinamo ampere atau alternator untuk aki mobil 12 volt mengeluarkan tegangan out put diatas 14,5 volt yang besar kemungkinan akan merusak aki dan ber-akibat air aki mendidih atau keluar bau menyengat dari aki dan mempengaruhi umurnya. Pada beberapa kasus penyebab aki mobil mendidih adalah karena overcharge, selain memang sel aki yang sudah rusak.

Dinamo ampere overcharging dengan mudah bisa ditemui pada dinamo amper untuk mobil lama seperti Toyota MarkII, Toyota Land Cruiser (hartop), Kijang Super dan masih banyak lagi, yang dikarenakan masih menggunakan pengaturan tegangan out put Alternator secara manual, karena itu terdapat kemungkinan terjadi overcharging atau pun sebaliknya yaitu kurang tegangan pengisian ke accu.


Sedangkan untuk Dinamo Ampere dengan IC regulator jarang ditemui, adapun jika terjadi Overcharging jika terjadi pada Dinamo Amper dengan IC regulator, terdapat dua kemungkinan penyebabnya karena IC regulator yang berperan untuk mengatur Out put Dinamo Ampere ini, yaitu:
  1. IC regulator tidak terhubung ke Ground dengan baik, dan cara memperbaikinya dengan periksa baut-baut yang memegang IC regulator pada bodi alternator.
  2. IC Regulator rusak
Cara mengatasi untuk dinamo ampere mobil lama jika terjadi Overcharging dengan melakukan penyetelan ulang terhadap regulator mekanik atau setel cut out dinamo amper tersebut.

No comments:

Post a Comment