Search This Blog

Wednesday, 4 March 2015

Tips Jika Dinamo Amper Rusak

Tips Jika Dinamo Amper Rusak dan Tidak Tersedia IC regulator

Beberapa pilihan jika terjadi kerusakan pada Dinamo Ampere yang bisa di lakukan jika spare part IC regulator tidak ditemukan,diataranya:
1.Mengganti Dinamo Ampere yang baru dan sama spesifikasi dan ukuran nya
2.Alternatif kedua bisa memilih Dinamo Rekondisi.

Alternator rekondisi atau alternator rebuild adalah Alternator bekas mobil yang telah diganti komponen yang rusak atau diperbaiki sehingga secara fisik akan terlihat seperti baru, kalau kita tidak tahu akan menganggap sebagai Alternator Baru. Membeli alternator second atau rekondisi ada untung dan ada pula ruginya.
Keuntungan kita membeli alternator atau dinamo isi rebuild atau rekondisi sudah jelas akan mendapatkan harga murah, harga alternator mobil rekondisi atau harga dinamo ampere rekondisi ini bisa berkisar antara 450 sampai 800 ribu atau ada yang sampai 1,7 juta rupiah. Dapat kita bayangkan harga Alternator rekondisi bisa lebih murah dari pada harga IC regulator asli bawaan pabrik (genuine).
Tetapi terkadang membeli alternator rekondisi kita rawan dengan kerugian yang akan kita alami, misalnya baru di pakai untuk hidupkan mesin Alternator rebuild ini sudah mati atau rusak,saya sendiri pernah mengalami hal ini sampai tiga kali harus menukar Alternator tersebut.
Karena itu kalau beli Dinamo Rekondisi pastikan minta garansi kepada penjual nya,penjual atau toko tempat beli Dinamo Rekondisi juga akan memahami.

Ciri-ciri Dinamo Ampere Rebuild atau Alternator rekondisi:
1.Secara fisik terlihat baru
2.Baut dan Mur baru
3.Puli Baru karena di Cat Ulang
4.Gulungan kawat dinamo terutama Stator Coil baru karena digulung ulang
5.IC regulator baru
6.Dioda rectifier baru
7.Bagian yang mungkin tidak bisa diganti adalah Casing Alumuniumnya
8.Terdapat tulisan “Recondition” di body Dinamo

No comments:

Post a Comment