Search This Blog

Tuesday 15 September 2015

Cara mudah merawat mobil



Cara mudah merawat mobil Anda:

1.     Panasi mesin dan Pacu mobil Anda
Mesin mobil yang digunakan dalam jangka waktu lama tentu akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesin. Untuk mengatasinya mudah sekali, cukup memacu kendaraan dengan menginjak gas lebih dalam agar kerak yang terdapat pada mesin dapat keluar melalui knalpot. Tentunya anda harus memperhatikan keamanan berkendaran ketika mencoba memacu kendaraan anda lebih cepat.

2.     Ganti oli mesin kendaraan secara rutin
Peranan Oli sangatlah penting bagi kinerja sebuah mesin terutama pada bagian piston. Mesin juga sangat bergantung dengan perawatan yang rutin juga dengan ganti oli untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima. Oli mesin pada mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe atau jenis mobil, pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak sekitar 3000 km hingga 5000 km.
Pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin mobil. Oli mesin juga sangat berperan penting terhadap ketahanan dan kekuatan sebuah mesin mobil, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.

3.     Pengecekan cairan pada radiator atau coolant
Radiator juga berfungsi sangat penting guna menetralisir mesin kendaraan ketika panas. Apabila air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan itu sendiri. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Melihat betapa pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka selayaknya memeriksa air pada radiator mobil anda secara berkala. Radiator bisa diisi dengan coolant produksi pabrikan, air biasa, atau juga dengan air buangan AC.

4.     Membersihkan filter karburator
Faktor penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan antara lain adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor dan berkerak. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada saringan tersebut. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko akan bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburator.