Search This Blog

Wednesday, 4 November 2015

ASAL-USUL MOBIL LISTRIK PERTAMA DI DUNIA

Sekilas seputar Mobil
Mobil listrik pertama di dunia diciptakan oleh seorang penemudari Scotlandia bernama Robert Anderson. Dia merakit “kereta listrik kasar” pada pertengahan tahun 1830-an. Masalahnya, baterainya tidak cukup kuat untuk menjalankan mobil itu dalam waktu yang cukup lama-Mobil hijau zaman sekarang jauh lebih baik. Ia juga berhadapan dengan kompetisi kuat dengan mobil bertenaga uap yang sedang populer pada saat itu.
Saat baterai yang dapat diisi ulang muncul, pada pertengahan abad ke-19, kembali mobil listrik muncul. Kali ini, perusahaan kereta dan mobil Listrik Philadelphia membangun sederetan Taksi bertenaga listrik di kota New York. Tahun 1902, Perusahaan Pope Manufacturing di Hartford Cnnecticut, sudah memproduksi sekitar 900 mobil listrik, sebagian besar dipakai sebagai Taksi. Tahun itu juga Studebaker, produsen kereta kuda yang beralih menjadi produsen mobil, memasuki pemasaran kendaraan ini di Indiana dengan sebuah model mobil bertenaga listrik. Sepanjang awal 1900-an, mobil listrik semakin disempurnakan sehingga jalannya semakin mulus dan “tidak bersuara” bila dibandingkan dengan lawan mereka yang bertenaga bahan bakar minyak.
Masalah utama mobil listrik adalah jarak. Ia tidak dapat bergerak jauh tanpa diisi ulang baterainya. Tahun 1920, lawan mereka- mobil bertenaga BBM berhasil menguasai pasar.  Sekarang setelah muncul isu pemanasan global dan ancaman habisnya bahan bakar fosil, para insinyur otomotif berjuang mati-matian untuk mempopulerkan  kembali mobil listrik.

No comments:

Post a Comment